contoh proposal usaha sapi

KELOMPOK TANI TERNAK

Desa Jatisari Kecamatan Sindangbarang Kabupaten Cianjur

Alamat: Kp.Jatisari Ds. Jatisari Kec.Sindangbarang- Cianjur 43272

Nomor       :  03/254.1/Klp-KM/2010

Lampiran   : 1 (satu) berkas

Perihal       : Permohonan Bantuan

                    Modal Usaha

                    Budidaya Sapi Potong

     Kepada

Yth. Bapak Bupati Cianjur

Melalui

Kepala Dinas Peternakan Perikanan

dan Kelautan Kab. Cianjur

di

Cianjur

Dengan hormat

Perkenalkan kami pengurus kelompok tani ternak KARYA MEKAR di Desa Jatisari Kecamatan Sindangbarang Kabupaten Cianjur, mengusulkan bantuan modal usaha budidaya sapi potong kepada Bapak Bupati Cianjur, guna meningkatkan pendapatan dari usaha ternak sapi di kelompok tani.

Adapun bantuan dana yang kami usulkan sebesar Rp.259.000.000,00 (Dua ratus lima puluh sembilan juta sembilan ratus ribu rupiah), rencana kebutuhan sebagaimana terlampir.

Demikian atas segala perhatian dan direalisasikannya permohonan ini, kami haturkan terima kasih.

Cianjur, Oktober 2010

PENGURUS KELOMPOK TANI KARYA MEKAR

H. MAMUN

Ketua

H. SARIP

Sekretaris

Mengetahui

Petugas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kec. Agrabinta

RAHMAT SOBARI

NIP. 19680206 200604 1 004

Kepala Desa

Wangunjaya

JAENUDIN SETIATMAN

Tembusan:

  1. Yth. Ketua DPRD Komisi Anggaran
  2. Yth. Ketua Bapeda Kab. Cianjur
  3. Yth. Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kab. Cianjur
  4. Yth. Camat Sindangbarang

 

 

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, bahwasannya kami telah menyelesaikan proposal permohonan bantuan modal usaha ternak sapi potong Kelompok Tani Karya Mekar Desa Jatisari Kecamatan Sindangbarang Kabupaten Cianjur. Proposal ini dibuat untuk mendukung kebijakan pemerintah Kabupaten Cianjur dalam mengembangkan sektor peternakan berupa ternak sapi potong di wilayah Kabupaten Cianjur bagian selatan, dan dalam rangka memenuhi kebutuhan swasembada daging tahun 2014.

Semoga apa yang direncanakan akan mendapat dukungan dari semua pihak. Demikian proposal ini dibuat, atas perhatian dan pertimbangannya kami ucapkan terima kasih.

Jatisari, Oktober 2010

Kelompok Tani Ternak Karya Mekar

 

BAB I

PENDAHULUAN

Kebutuhan hewani di Kabupaten Cianjur yang berasal dari produk ternak sapi saat ini masih banyak disuplai dari luar kota, bahkan luar propinsi Jawa Barat, yaitu dari Propinsi Jawa tengah, sekitar 75%, padahal Kabupaten Cianjur mempunyai potensi yang cukup mendukung untuk mencukupi sendiri akan protein hewani tersebut.

Ada kesenjangan antara ternak sapi yang dipotong dengan produktivitas ternak sapi di Kabupaten Cianjur yang rendah, apabila hal ini berlangsung terus menerus, populasi ternak sapi akan terkuras habis, karena tidak mampu mengimbangi permintaan protein hewani asal ternak sapi.

Produktivitas ternak sapi yang rendah akan mengakibatkan pendapatan petani peternak yang rendah pula sehingga daya beli menjadi terbatas. Salah satu kegiatan untuk meningkatkan mutu bibit ternak yang ada ataupun melalui teknologi inseminasi buatan dengan memanfaatkan sumber daya peternak yang tersedia.

 

 


 

 

 

BAB II

LATAR BELAKANG

 

Kabupaten Cianjur mempunyai potensi yang cukup mendukung untuk membangun peternakan sapi, terutama di wilayah Cianjur Selatan. Selain sumber daya alamnya yaitu lahan yang cukup luas  basis ekologi, serta ketersediaan pakan populasi ternak sapi yang cukup banyak dan berkonsenrasi di Kecamatan Sindangbarang khususnya di Desa Jatisari juga sumber daya peternak yang sudah  terbiasa beternak secara turun menurun, walaupun kebanyakan masih secara tradisional.

Adapun maksud dan tujuannya adalah

  • Meningkatkan pendapatan dan perolehan nilai tambah, juga menyerap tenaga kerja di sekitar lokasi
  • Meningkatkan produktivitas  yang berkaitan dengan pengembangan keterampilan dan aplikasi teknologi, salah satunya dengan inseminasi buatan.
  • Menunjang program swasembada daging sapi (P2SDS) tahun 2014.

Oleh karenanya dalam usaha pembibitan sapi diperlukan strategi usaha yang bersemangat, serta berjiwa wira usaha, yang berorientasi pada teknologi tepat guna dalam rangka modernisasi usaha budidaya ternak sapi.

 

 


 

 

BAB III

MAKSUD DAN TUJUN

 

1.1 Maksud dan Tujuan

Perkembangan pembangunan sub sektor peternakan selama ini cukup menggembirakan dari sekian banyak sub sektor ini ternyata banyak peluang yang sepenuhnya belum diusahakan secara intensif, dan mempunyai prosfek usaha yang tidak kalah dengan usaha sub sektor lainnya.

Ternak sapi kehadiranya belum sebanding dengan potensi yang dimiliki, hal ini disebabkan pola pemeliharaan yang masih mengandalkan pola tradisional dengan kepemilikan paling banyak 3 ekor sapi setiap peternak, itupun hanya sebagai usaha sampingan

Adapun maksud dan tujuannya adalah

  • Meningkatkan pendapatan dan perolehan nilai tambah, juga menyerap tenaga kerja di sekitar lokasi
  • Meningkatkan produktivitas  yang berkaitan dengan pengembangan keterampilan dan aplikasi teknologi, salah satunya dengan inseminasi buatan.

Oleh karenanya dalam usaha pembibitan sapi diperlukan strategi usaha yang bersemangat, serta berjiwa wira usaha, yang berorientasi pada teknologi tepat guna dalam rangka modernisasi usaha budidaya ternak sapi.


 

 

 

BAB IV

POTENSI POPULASI DAN KELEMBAGAAN

  1. A.   Potensi

Populasi ternak sapi potong di Kecamatan Sindangbarang sebanyak 6142 ekor, dan di Jatisari memiliki 309 ekor sapi. Seperti table di bawah ini:

POPULASI TERNAK SAPI DI KECAMATAN AGRABINTA

No

Jenis Ternak

Kelamin

Jumlah

Jantan

Betina

1 Sapi potong

2074

9239

11.313

2 Kerbau

134

678

812

3 Kambing

2783

4331

7114

4 Domba

5088

15.520

20.608

5 Ayam buras

20.077

34.679

54.756

6 Itik

808

1073

1881

  1. B.   Potensi Kelembagaan

Sejak tahun 2009 anggota peternak kelompok Karya Mekar telah mengikuti program inseminasi buatan yang diarahkan peda ternak sapi. Anggota yang pada saat itu ada di Desa Jatisari memiliki 1 orang inseminator dan petugas kesehatan hewan desa.

Juga anggota kelompok tani ternak Karya Mekar telah menjadi anggota Koperasi Satwa Sarana yang menjembatani kebutuhan sarana dan prasarana peternakan terutama inseminasi buatan.

 

 

 

 

 

 

BAB V

PROFEK USAHA

 

PROSPEK USAHA

Jumlah penduduk yang meningkatmerupakan salah satu yang membuat usaha pembibitan sapi potong semakin mudah, dengan bertambahnya jumlah penduduk maka akan meningkatkan pula konsumsi bahan-bahan ternak, dengan menelaah kondisi yang berkembang pada saat ini, dan memprediksi keadaan yang akan datang dibidang peternakan khususnyausaha ternak sapi potong, maka peluang tersebut cukup menantang, sehingga peningkatan agribisnis yang saling terkait dan berkesinambungan serta saling mempengaruhi dalam hal pemasaran produksi perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak, terutama dalam mendatangkan bibit-bibit unggul agar hasil produksi dapat diterima di  pasar, dan usaha ternak lebih berkembang.

BAB VI

LOKASI BUDIDAYA DAN PEMBIBITAN

Lokasi budidaya pembibitan sapi potong dilakukan di Kp. Jatisari Rt/Rw. 01/01 Desa Jatisari Kecamatan Sindangbarang Kabupaten Cianjur, yang tediri dari 25 anggota dan pengurus yang tergabung dalam kelompok tani ternak, dengan karakteristik lingkungan sebagai berikut:

  1. Topografi : meruakan daerah pantai dan sebagian besar bentuk topografi dataran rendah sampai berbukit
  2. Iklim : berdasarkan iklim dan curah hujan termasuk daerah tropis dan berada dalam pengaruh angin musin, dimana hujan biasa pada bulan Oktober sampai dengan April, dan kemarau biasanya pada bulan Mei sampai September, dan temperature rata-rata 18-24OC.

 

BAB VII

RENCANA KEBUTUHAN DANA

Rencana kebutuhan dana untuk pembelian Induk PO Bunting sebanyak 25 ekor sapi potong, sebagai modal usaha kelompok. Rinciannya sebagai berikut:

No

Uraian

Volume

Satuan

Harga Satuan

(Rp)

Jumlah Harga

(Rp)

1 Pembelian bibit sapi PO Bunting

25

Ekor

9.950.000

237.500.000

2 Obat-obatan

1

Paket

2.000.000

2.000.000

3 Kandang  1,2 x 2 m

1

Unit

600.000

14.400.000

4 Konsentrat

2250

Kg

2.000

4.500.000

5 ATK

-

-

500.000

500.000

JUMLAH

259.000.000

 

BAB VIII

PENUTUP

Demikian proposal ini kami sampaikan, besar harapan kami apabila Bapak dapat merealisasikan permohonan ini. Kami berharap semoga dapat menjadi bahan kajian dan pertimbangan bagi Bapak, serta dapat ditindak lanjuti agar kegiatan usaha peternakan sapi potong yang kami jalankan dapat berkembang, sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi kami khususnya dan masyarakat pada umumnya. Serta apa yang menjadi program dan rencana pemerintah terutama dalam menunjang swasembada daging sapi (P2SDS) tahun 2014.

Atas dikabulkannya permohonan ini kami haturkan terima kasih.

 

KELOMPOK TANI TERNAK SAPI POTONG KARYA MEKAR

Kp.SUKANAGARA DESA JATISARI KECAMATAN SINDANGBARANG

 

BIODATA KELOMPOK TANI

  1. Nama Kelompok Tani               : KARYA MEKAR

Alamat                                         : Kp. Sukanagara RT.06 Rw. 01

Luas areal                                   : 5 Ha

Jumlah anggota                         : 25 orang

  1. II.            Pengurus Kelompok

Pelindung                                               : Kepala Desa Jatisari

Ketua                                           : H. Mamun

Wkl. Ketua                                   : Atjep Sudirman

Sekretaris                                    : H. Sarip

Bendahara                                  : H. Padli

  1. III.           Seksi-seksi

Usaha                                          : Emuh

Pemasaran                                 : H. Nudin

Kesehatan Hewan                    : Naseh

Budidaya peternakan               : Ohir

Investasi dan permodalan       : Bama

PENGURUS KELOMPOK TANI TERNAK KARYA MEKAR

H. MAMUN

Ketua

H. SARIP

Sekretaris

 

NAMA-NAMA ANGGOTA KELOMPOK TANI TERNAK KARYA MEKAR

DESA JATISARI KECAMATAN SINDANGBARANG

KABUPATEN CIANJUR

NO

NAMA

JABATAN

ALAMAT

1

H.Mamun

Ketua

Sindangbarang

2

H. Sarip

Sekretaris

Sindangbarang

3

H. Padli

Bendahara

Sindangbarang

4

Atjep Sudirman

Anggota

Sindangbarang

5

Emuh

Anggota

Sindangbarang

6

H. Nudin

Anggota

Sindangbarang

7

Naseh

Anggota

Sindangbarang

8

Ohir

Anggota

Sindangbarang

9

Bama

Anggota

Sindangbarang

10

Jarkasih

Anggota

Sindangbarang

11

Sidin

Anggota

Sindangbarang

12

Jaenudin

Anggota

Sindangbarang

13

H. Ajid

Anggota

Sindangbarang

14

Jamhur

Anggota

Sindangbarang

15

Rosad

Anggota

Sindangbarang

16

Cecep

Anggota

Sindangbarang

17

Yusuf

Anggota

Sindangbarang

18

Sudar

Anggota

Sindangbarang

19

Empud

Anggota

Sindangbarang

20

Alina

Anggota

Sindangbarang

21

Budi

Anggota

Sindangbarang

22

Satiman

Anggota

Sindangbarang

23

Karsih

Anggota

Sindangbarang

24

Barnas

Anggota

Sindangbarang

25

Jamaludin

Anggota

Sindangbarang

 

 

PENGURUS KELOMPOK TANI TERNAK KARYA MEKAR

H. MAMUN

Ketua

H. SARIP

Sekretaris

PEMERINTAH KABUPATEN CIANJUR

KECAMATAN SINDANGBARANG

KEPALA DESA JATISARI

 

BERITA ACARA PEMBENTUKAN KELOMPOK

Pada hari ini Kamis tanggal Tujuh bulan Juli Tahun Dua Ribu Sembilan di Kampung Sindangbarang Desa Jatisari Kecamatan Sindangbarang berdasarkan hasil musyawarah peternak, yang dihadiri oleh Petugas Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cianjur, telah terbentuk sebuah kelompok dewasa yang berusaha di bidang ternak sapi potong dengan nama kelompok KARYA MEKAR  beranggotakan 25 orang dengan susunan sebagai berikut:

Ketua                                      : H. MAMUN

Sekretaris                                : H. SARIP

Bendahara                               : H. APDLI

Usaha                                      : Emuh

Pemasaran                               : H. Nudin

Kesehatan Hewan                   : Naseh

Budidaya peternakan              : Ohir

Investasi dan permodalan       : Bama

Demikian Berita Acara ini dibuat dengan sesungguhnya untuk dipergunakan seperlunya.

Jatisari, 07 Juli 2009

Kepala Desa Jatisari

JAENUDIN SETIATMAN

PEMERINTAH KABUPATEN CIANJUR

DINAS PETERNAKAN PERIKANAN DAN KELAUTAN

KECAMATAN SINDANGBARANG

 

SURAT KETERANGAN

Yang bertanda tangan di bawah ini Petugas Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kecamatan Sindangbarang Kabupaten Cianjur. Menerangkan bahwa kelompok tani ternak KARYA MEKAR beralamat di Kp. Sukanagara Desa Jatisari Kecamatan Sindangbarang Kabupaten Cianjur yang diketuai oleh H. Mamun benar kelompok tersebut ber aktivitas dan perperan serta dalam bidang peternakan dan perikanan di Kecamatan Sindangbarang khususnya di Desa Jatisari.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dijadikan bahan seperlunya.

Sindangbarang,  Juli 2010

Petugas Dinas Peternakan Perikanan dan Keluatan

Kecamatan Sindangbarang

RAHMAT SOBARI

NIP.19680206 200604 1 004

PROPOSAL

KELOMPOK TANI TERNAK

KELOMPOK TANI TERNAK

 Kp. Sukanagara RT.06 RW.01 Ds. Jatisari Kec.Sindangbarang

CIANJUR

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s